Senin, 13 Agustus 2018

Meski Kerja Lapangan Kulit Harus Tetap Dijaga

image: womanwithmoxie.com

Kebanyakan artikel serupa yang beredar di internet menawarkan tips agar tetap cantik meski kerja outdoor, tetapi saya ingin menulis untuk pria dan wanita sehingga alih-alih menggunakan kata 'cantik' saya lebih suka menggunakan kata 'kulit' agar bisa ditujukan kepada semua pembaca tanpa membedakan jenis kelamin.

Di samping itu, pria juga pasti banyak yang kerja lapangan dan tidak sedikit pula yang mulai merasa sengatan matahari membuat kulit menjadi tak nyaman. Berarti tidak hanya wanita saja yang mengeluh takut gosong setiap kali panas-panasan, karena yang perlu dikhawatirkan disini bukan melulu soal gampang hitam susah putih, tetapi lebih kepada dampak negatif yang terjadi pada kulit dari segi kesehatan.

Berbicara tentang sunscreen atau sunblock, mungkin sebagian orang tidak suka mengoleskan produk yang terasa lengket dan berminyak, tetapi tidak semua sunscreen seperti itu. Ada solusi lain untuk kamu yang sering kerja di luar ruangan agar bisa meminimalisir efek dari sinar matahari.

1. Gunakan topi atau apa pun yang bisa melindungi kepala. Biasanya sengatan matahari sedang panas-panasnya kisaran jam 10 pagi hingga jam 3 sore, sehingga pada kisaran waktu tersebut kita harus memasang pelindung seperti topi. Manfaat yang bisa didapat tentunya kulit wajah kita tidak akan mudah terbakar.

image: thebinde.com


Ada banyak model-model topi yang bisa kita beli, untuk kamu yang berhijab pun juga bisa memilih topi bundar seperti yang diterapkan seorang fashion blogger dari Texas bernama Leena. Dalam memilih topi, usahakan memakai jilbab sesederhana mungkin agar tidak perlu dipusingkan oleh peletakan jarum pentul, atau kamu juga bisa memakai hijab instan agar bisa tampil anggun dalam sekejap.

2. Pilih jenis tabir surya atau sunscreen yang bersifat non-comedogenic agar tidak menyumbat pori sehingga kulitmu tidak akan mudah jerawatan. Angka SPF minimal 30 sudah cukup mampu melindungi kulit dari panasnya matahari, biarkan meresap 15-20 menit sebelum keluar ruangan dan juga jangan lupa ulangi setiap 2 jam sekali.

Mau praktis? Pakai sunscreen spray aja! image: cdn.thewirecutter.com


Bagaimana jika kulitmu terasa berminyak ketika kamu harus mengulangi sunscreen? Gunakan kertas minyak, tissue, atau sponge untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah dengan cara di tap-tap perlahan. Setelah itu barulah kamu oleskan lagi sunscreen.

Bagaimana jika kamu sedang pakai make up? Kamu bisa langsung mengoleskan sunscreen tetapi takarannya tidak sebanyak seperti saat pertama kali dioles. Misalkan saat pertama dioles sebanyak ruas jari dari ujung ke pangkal, sedangkan pada pengolesan kedua dan selanjutnya, hanya setengah ruas jari saja.

3. Sedia produk aloe vera gel untuk meredakan kulit kepanasan selesai kerja lapangan atau kegiatan outdoor lain. Walaupun sudah dilindungi oleh sunscreen, kulit perlu 'ditenangkan' dan produk aloe vera saat ini sedang banyak digemari. Pastikan produk aloe vera yang kamu gunakan aman bagi wajah, karena beberapa brand lokal hanya bisa dipakai di kulit tubuh saja. Selain menghilangkan rasa perih dan panas, aloe vera juga sangat baik melembabkan kulit yang kasar apabila dipakai rutin.

organicfacts.com


Adapun manfaat dari aloe vera bisa dipakai untuk merawat bekas luka yang sudah mengering, karena saat jaringan sel kulit beregenerasi akan terasa sedikit gatal. Tahan diri untuk tidak menggaruk karena malah akan menghambat proses penyembuhan. Dengan aloe vera rasa gatal dapat teratasi dan permukaan kulit yang kasar menjadi lembut.

Hati-hati dengan produk tiruan! Maraknya penggunaan produk aloe vera menghadirkan iklan-iklan dengan harga beragam. Memilih harga di kisaran wajar yang tidak terlalu murah sedikit membantu kamu menghindarkan diri dari produk palsu, tetapi reputasi penjual juga lebih penting. Penjual yang memajang barang-barang tiruan dari merk lain berkemungkinan besar menjual produk aloe vera yang juga tiruan. 

8 komentar

Blog kerennya sudah saya follow euy. Kalo saya biasanya pas berangkat kerja siang hari, selalu pakai sarung tangan, biar tangan gak terbakar saat mengendarai motor. Cakep nih produknya

Saya juga termasuk pekerja lapangan, bahkan tidak hanya sekedar topi yang saya kenakan. Masker alias penutup wajah pun saya kenakan juga. biar kulit wajah tidak gosong.

Terimakasih mas Hendra sudah bersedia follow blog ini. Betul ada baiknya ketika mengendarai sepeda motor tangan dilengkapi sarung tangan selain menghindari kulit belang, panas dari sinar matahari terasa menyengat di kulit.

Kalau tidak pakai pelindung kepala, berkeliaran di bawah sinar matahari kadang juga bikin pusing. Lebih bagus lagi kalau dilengkapi dengan masker agar area wajah juga terlindungi.

Keren mba, kalau saya milih pakai sunblock, karena sinar UVA jahat banget buat kulit dan tembus meski langit sedang mendung gelap

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pakai sunblock sebagai pencegahan karena kalau flek hitam sudah muncul di usia tua nanti malah lebih susah hilang.

Nah, saya termasuk yang telat pakai sunblock dan sejenisnya..jadi sudah sempat ada flek hitam...
hiks

Bukan tidak mungkin flek hitam juga bisa dihilangkan. Kalau produk di saya ada namanya suplemen Pynocare. Namun usahakan sunblock tetap dipakai juga agar tidak bertambah banyak fleknya mbak.

Terimakasih sudah berkunjung :-)
Emoticon Emoticon