Senin, 20 Agustus 2018

Benarkah Memutihkan Kulit itu Mahal?

image: whiskeyriff

Anggapan yang menyebutkan bahwa wanita cantik itu boros mungkin tidak sepenuhnya benar. Mengapa? Karena definisi cantik itu sendiri bagi setiap orang berbeda-beda, tidak melulu soal perawatan serba mahal yang menghabiskan uang. Definisi cantik di mata orang adalah wajah yang terlihat cerah, merona, bersih, bebas jerawat, minyak terkontrol, dan tidak kusam.

Lantas bagaimana dengan memutihkan kulit? Berapa biaya yang dikeluarkan wanita untuk mendapatkan kulit putih? Dan apakah biaya yang sudah dikeluarkan itu sepadan dengan hasil yang didapat?

Biaya yang dikeluarkan bisa berbeda-beda tergantung dari metode yang dipakai. Saya disini akan bahas dari mulai yang murah-murah seperti bahan tradisional hingga yang mahal sekelas klinik.

1. Pola Hidup Sehat


image: stylecraze

Untuk mendapatkan kulit putih, strategi pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki pola hidup. Karena kalau pola hidup tidak diperbaiki maka semahal apa pun perawatan yang dijalani akan terasa kecil perubahannya bahkan tidak terlihat sama sekali. Orang-orang yang sudah terbiasa menjalankan hidup sehat, jarang ada yang mengeluh soal kondisi kulit. Maka sudah selayaknya pola hidup yang sehat kita tiru mengingat biaya yang dikeluarkan sudah pasti sedikit. Atau anggaplah biaya yang dikeluarkan ini sudah termasuk ke dalam cara bertahan hidup karena kita hidup juga harus menjaga kesehatan supaya tidak gampang sakit.


  • Mencukupi kebutuhan air minum 8 gelas per hari agar kulit menjadi lembab, bersih, segar, dan elastis. Jangan sepelekan manfaat air minum, jika kamu dehidrasi, kulit bisa terlihat kusam dan kering. 
  • Memasukkan buah dan sayuran ke dalam menu makan sehari-hari. Komponen ini harus masuk ke dalam mulut minimal satu kali dalam sehari agar tubuh dan kulit mendapat nutrisi, seperti halnya buah jeruk yang memberikan vitamin C untuk membantu proses pembentukan kolagen. 
  • Rutin berolahraga supaya kulit berkeringat dan menjadi lebih kencang. Olahraga juga penting untuk kamu yang ingin menghilangkan selulit. 
  • Hindari begadang karena kekurangan tidur membuat kulit menua sebelum waktunya. Walaupun tidak langsung tampak, tapi dengan tercukupinya jam tidur kulit tampak lebih sehat. 
Berapa lama hasil yang didapat? Jika kamu tidak menggunakan perawatan apa pun, prosesnya bisa saja memakan waktu bertahun-tahun. Kecil kemungkinan untuk mengubah kulit gelap menjadi putih, tapi setidaknya kondisi kulitmu menjadi jauh lebih baik dibanding mereka yang tidak menjalankan pola hidup sehat. 

2. Bahan Tradsional


image: morethanglam

Bagi kamu yang terlalu takut mencoba kosmetik karena tidak mau terkena reaksi aneh-aneh, tidak ada salahnya mencoba bahan-bahan tradisional untuk memutihkan kulit yang bisa kamu temukan di pasar. Selain mendapat harga lebih murah karena persediaan bahan juga bisa dipakai memasak, kamu tidak perlu khawatir dengan efek samping. Kamu bisa mencoba satu per satu atau mengkombinasikan bahan-bahan di bawah ini untuk mendapatkan kulit cerah. 

  • Bengkuang
  • Jeruk Lemon
  • Tomat
  • Kunyit
  • Putih Telur

Blender bahan-bahan tersebut dengan sedikit air, kamu boleh menambahkan produk aloe vera gel untuk membuat tekstur menjadi kental. Kemudian balurkan secara merata ke permukaan wajah atau badan. Untuk berapa banyak takaran dari masing-masing bahan sepertinya tidak ada patokan, tetapi biasanya semakin banyak maka nutrisi yang didapat semakin bagus. Berapa lama? Tidak bisa ditentukan juga, tetapi untuk anak-anak remaja biasanya cukup efektif. Biaya yang dikeluarkan kisaran puluhan ribu, atau kurang dari 100 ribu. 

3. Skincare / Kosmetik

image: wefit.vn

Untuk mendapatkan hasil yang sedikit lebih cepat, gunakan skincare! Ada banyak pilihan skincare dari yang murah sampai mahal. Yang murah belum tentu buruk, dan yang mahal juga belum tentu bagus. Kuncinya adalah mau mempelajari komposisi dan jangan malas cari di google. Berikut ini adalah komponen pencerah kulit yang biasanya ada di dalam kosmetik. 

  • Vitamin C: tidak hanya didapat dari buah dan sayur. Vitamin C juga dimasukkan ke dalam pembuatan cream agar kulit menjadi cerah, karena baik dikonsumsi ataupun dioles ke permukaan kulit, vitamin C akan sama-sama bekerja. 
  • Arbutin: berfungsi menghambat pembentukan pigmen kulit yang gelap. Atau bisa juga memperbaiki masalah warna kulit tidak merata seperti flek hitam. 
  • Niacinamid: dikenal sebagai Vitamin B3 atau niacin, umumnya bisa kamu dapat di skincare Korea. Dengan niacimanid ini kulitmu tak hanya menjadi putih tetapi juga terbebas dari jerawat. 
  • Glicolic Acid: bisa ditemukan di beberapa produk lokal dan memiliki kinerja yang lumayan cepat dalam mencerahkan kulit. Tetapi jika terlalu lama terkena matahari kulit akan menjadi kemerahan. 

Semakin besar kadar komponen, maka biasanya semakin mahal harganya, dan semakin cepat hasil yang didapat. Itulah sebabnya mengapa perawatan klinik terbilang mahal, karena skincare yang diracik memakai dosis lebih besar dibanding skincare yang dijual tanpa resep dan kamu harus berada dalam pengawasan dokter jika sedang memakai racikan. Hasil yang didapat bisa memakan waktu berbulan-bulan dan biaya yang dikeluarkan per bulan berkisar antara 100 - 250 ribu. 

Kelemahan dari skincare adalah hanya bekerja pada permukaan kulit tertentu. Semisal kamu mengoleskan cream wajah, maka kulit yang menjadi cerah adalah wajah. 

4. Minum Suplemen

image: rd.com

Jika kamu tidak ada waktu memakai sederet lusinan skincare tapi ingin kulit putih, sebaiknya mengkonsumsi suplemen kulit. Apakah suplemen kulit itu berbahaya? Asalkan suplemen yang kamu konsumsi bukan produk abal dan jelas asal usulnya, bisa dipastikan aman. Suplemen tidak akan memberatkan kinerja ginjal atau organ lain asal dikonsumsi sesuai dosis. Ibaratnya kita memakan buah dan sayur, kulit kita juga butuh nutrisi, alangkah lebih bagus jika nutrisi didapat dalam jumlah lebih besar. 

  • Glow Enhanz: mengandung komponen ekstrak daun pegagan dan Co-EnzymQ10 untuk melancarkan sirkulasi darah agar kulit menjadi lebih sehat, cerah dan terlindungi dari sinar matahari. Harga 162.000 isi 30 kapsul. 
  • Rivilite: dengan L-Cysteine membangkitkan glutathion dalam tubuh agar kulit menjadi putih lebih cepat dalam 8 minggu. Harga 357.500 isi 30 kapsul. 
  • Pynocare White: kombinasi ekstrak pinus, lycopen dan lucent-p untuk memperbaiki masalah pigmentasi seperti flek hitam dan warna kulit yang tidak merata. Harga 452.000 isi 30 kapsul. 

Hasil bisa didapat dalam hitungan minggu dan budget bisa disesuaikan. Namun perlu dicatat untuk kamu yang tidak menerapkan pola hidup sehat dan memiliki masalah kulit yang berat seperti flek membandel, proses pemutihkan akan menjadi lebih lama.

5. Klinik Dermatologis


image: 40tbfacts

Ada beberapa metode pemutihan kulit yang bisa langsung terlihat hasilnya setelah selesai treatment atau bisa juga dalam hitungan hari. Dalam menjalani treatment ini tentunya butuh pertimbangan yang matang, selain butuh banyak biaya juga kamu harus berada dalam pengawasan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

  • Chemical Peeling: cara memutihkan kulit dengan mengelupas lapisan terluar kulit dengan bahan-bahan kimia yang bersifat asam (acid). Bahan-bahan yang dipakai biasanya AHA, BHA, atau cuka apel. Bisa dilakukan oleh dokter kulit atau sendiri di rumah tetapi harus memahami aturan-aturan bermain acid. Biaya yang dikeluarkan kisaran 200 hingga 300 ribu. 
  • Suntik Putih: menyuntikkan bahan kimia ke pembuluh darah vena untuk mendapatkan kulit cerah. Biasanya bahan yang dipakai adalah glutathion dan vitamin C dosis tinggi. Tindakan ini beresiko memberatkan ginjal karena dimasukkan sekaligus, walaupun kulit akan menjadi putih dengan cepat. Sekali suntik bisa menghabiskan 500 ribu hingga 1 juta. 

Masih banyak metode pemutihan kulit di klinik, seperti dermabrasi, chryoterapi dan laser skin resurfacing. Tetapi pada intinya, kamu harus siap dari segi budget karena bisa jadi kamu harus menjalani treatment lebih dari satu kunjungan. 

KESIMPULAN


Memutihkan kulit juga bisa dilakukan dengan sedikit biaya asalkan mau menjalankan secara disiplin. Jika memiliki dana lebih bolehlah sisihkan untuk membeli skincare, suplemen, atau ke klinik. Tapi jangan pernah memandang semua wanita cantik itu boros karena bisa jadi ia membiayai perawatan dari hasil kerja kerasnya sendiri, atau hanya berusaha tampil cantik di depan pasangan karena hubungan yang langgeng adalah hubungan yang terus dipupuk dengan hal-hal kecil. Memutihkan kulit itu memang butuh biaya, tetapi besar dan kecilnya tergantung dari pilihan setiap orang. Ada harga yang pantas untuk hasil memuaskan. 

This Is The Newest Post

Terimakasih sudah berkunjung :-)
Emoticon Emoticon