Senin, 08 Mei 2017

Memperbaiki Kulit Wajah Rusak Akibat Cream Abal-Abal dalam 3 Langkah


Awalnya Indah menganggap cream yang ia beli dari online shop tidak berbahaya, karena melihat banyaknya testimoni kulit wanita yang putih bersih bebas jerawat meski ia sendiri tidak bisa memastikan kebenarannya. Karena terobsesi ingin kulit putih dalam waktu cepat, Indah pun langsung membeli sepaket perawatan berisi cream siang dan malam lengkap dengan sabun pencuci seharga 120 ribu. Ketika barang datang, ia perhatikan kemasannya polos hanya ada label "cream siang", "cream malam", "face wash" saja tanpa ada keterangan, deskripsi, komposisi, bahkan perusahaan yang memproduksi dan memasarkan juga tidak disebutkan. Namun Indah tetap memakainya karena sudah terlanjur percaya dengan kata-kata penjual.

Satu bulan kemudian, Indah terkejut melihat wajahnya yang semula hanya kusam saja kini dipenuhi jerawat dan merah-merah. Berkali-kali ia menyampaikan keluhannya pada penjual, namun penjual hanya berkata, "Mungkin itu proses purging, nanti juga hilang sendiri." namun bukannya hilang sendiri, kondisi wajah Indah malah semakin parah. Akhirnya Indah pun menyerah, merasa dirinya telah tertipu dan menganggap semua online shop sama saja - hanya mengambil keuntungan semata. Untunglah sahabatnya, Laras, mau menjelaskan ciri-ciri cream kosmetik abal-abal yang biasanya mengandung bahan berbahaya. 

  • Dari kemasan terkesan meragukan. Kalau saat pertama kali melihat produk tersebut kamu merasa ragu, boleh jadi instingmu memang benar! Misalnya seperti kemasan jar/pot yang polos terus cuma dikasih label "cream siang" dimana orang yang tidak memiliki keahlian di bidang itu bisa membuatnya. 
  • Berbeda halnya dengan cream dokter. Kalau dokter kan punya ijin praktek, dokter juga tidak akan memberikan resep jika tidak memeriksa secara langsung. Kalau kamu mendapatkan cream racikan langsung dari dokter tanpa perantara, itu memang cream dokter. Tapi jika cream racikan yang kamu dapatkan dibeli secara online, itu bukan cream dokter. 
  • Kata-kata promosi yang tidak masuk akal. Memutihkan dalam sekali pakai? Hasil permanen? Untuk produk ternama seperti SKII saja yang harganya bisa nyampe satu juta juga tidak pernah mengklaim hasil permanen dengan proses instan, apalagi cream yang cuma seharga 100 - 200 ribuan.
  • Testimoni palsu. Sebuah gambar bisa mewakili seribu kata, oleh karena itu jangan langsung tergiur testimoni karena smartphone dengan kamera canggih dan aplikasi edit foto bisa menyulap wajah biasa-biasa menjadi putih mulus. Daripada melihat testimoni, lebih baik gunakan smartphone kamu untuk mencari dan membaca ulasan-ulasan pengguna. 
Baca juga: 4 Perusak Kulit Jika Tidak Dirawat

Berkat sahabatnya, kini Indah sudah mulai move on dan mencari produk-produk yang aman, terdaftar BPOM, serta cocok dengan jenis kulitnya. 

Inilah 3 langkah memperbaiki kulit wajah yang rusak akibat cream abal-abal. Simak tips berikut!


1. Kenali jenis kulitmu. Apakah berminyak, kombinasi, kering, atau sensitif?


Mengidentifikasi jenis kulit sangat penting agar kamu asal memilih produk skincare. Jika kamu ingin mendapatkan hasil perbaikan yang memuaskan, pilihlah produk skincare dasar yang dikhususkan untuk jenis kulitmu, bukan produk yang mengklaim "cocok untuk semua jenis kulit".

- Jenis Kulit Berminyak ditandai dengan banyaknya produksi minyak pada seluruh permukaan kulit, seperti saat kamu bangun tidur, berkeringat di siang hari, bahkan jika tidak memakai riasan formula kulit berminyak maka riasan akan mudah luntur akibat produksi minyak tadi. Jenis kulit berminyak juga paling rentan terkena masalah jerawat, karena kotoran dan sebum mudah menempel dan menyumbat pori-pori.

- Jenis Kulit Kombinasi ditandai dengan banyak atau meningkatnya produksi minyak di daerah T wajah yaitu dahi, hidung, atas bibir dan dagu. Sedangkan pada area lain yaitu kulit sekitar mata dan pipi cenderung kering atau normal.

- Jenis Kulit Kering ditandai dengan permukaan kulit yang kasar saat kekeringan, biasanya kondisi kulit akan semakin parah jika kekurangan pelembab saat cuaca dingin atau salah memilih pencuci wajah. Pada kasus pencuci wajah yang tidak cocok, setelah mencuci kulit akan terasa seperti tertarik-tarik. Pada beberapa kasus kulit kering muncul bercak-bercak putih di pipi yang terkadang disebut "balas bogo" menurut istilah Sunda.

- Jenis Kulit Sensitif ditandai dengan mudah iritasi, gatal-gatal, alergi, tipis, mudah berjerawat dan meradang. Kulit yang sensitif apabila terkena sinar matahari akan muncul gejala kemerahan, apabila digaruk terkadang bekas garukan tersebut susah hilang dengan sendirinya, dan beberapa jenis makanan atau kosmetik bisa memicu alergi seperti timbulnya bintik-bintik pada kulit.

- Jika kulitmu berjenis normal, kamu bisa bernafas lega! Karena pada jenis kulit normal, jarang sekali memproduksi minyak berlebih kecuali di saat olahraga karena wajah berkeringat di saat olahraga masih terbilang wajar, tidak mudah kering, dan jarang mendapat masalah yang berarti. Kamu tidak perlu repot memilih kosmetik, asalkan dirawat dengan baik, kulitmu akan semakin bagus.

Baca juga: Cream Pemutih Wajah Oriflame mulai dari 40 ribuan

2. Setelah mengenali jenis kulitmu, temukan solusinya!


Disini saya akan menawarkan beberapa produk skincare dari Oriflame. Kenapa Oriflame? Karena selain asal-usulnya jelas, Oriflame kualitasnya sudah diakui oleh imuwan di bidangnya serta melibatkan berbagai penelitian dalam pembuatan produknya. Oriflame juga menggunakan sistem direct selling dalam mempromosikan produknya agar bisa menciptakan peluang bagi siapa saja yang ingin berbisnis. Oriflame menghadirkan rangkaian "Love Nature", seri perawatan kulit dasar dimana hanya mengambil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Cintailah alam, maka alam akan mencintai Anda. 

- Untuk Jenis Kulit Berminyak: Love Nature Tea Tree


Tea tree (pohon teh), juga dikenal sebagai Melaleuca, terkenal karena memiliki sifat antiseptik yang kuat dan kemampuannya untuk mengobati luka. Selama lebih dari tujuh dekade, manfaat tea tree oil telah didokumentasikan dalam berbagai penelitian kesehatan untuk membunuh banyak strain bakteri, virus, dan jamur. Hasil studi menemukan bahwa tea tree oil sama efektifnya dengan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat, namun tidak menimbulkan efek samping negatif seperti kulit menjadi merah, kering, atau mengelupas.

Paket perawatan untuk jenis kulit berminyak ini terdiri dari:
Love Nature Tea Tree Cleansing Gel Purifying Oily Skin: Rp. 89.000,- 150 ml
Membersihkan, mengangkat kotoran pada kulit berminyak sampai ke dalam pori-pori.

Love Nature Tea Tree Face Toner Purifying Oily Skin: Rp. 89.000,- 150 ml
Menutup kembali pori-pori yang terbuka setelah dicuci, digunakan setelah Cleansing Gel. Pemakaian jangka panjang dapat mengecilkan pori-pori besar.

Love Nature Tea Tree Face Lotion Purifying Oily Skin: Rp. 89.000,- 50 ml
Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembab? Jika kamu memakai pelembab yang tepat, produksi minyak di wajah akan lebih terkendali, jerawat yang meradang dapat disembuhkan, riasan menjadi lebih mudah menempel dan tahan lama. Berbentuk "lotion" dengan tesktur lebih ringan.

Warning! Harga sewaktu-waktu dapat berubah karena Oriflame setiap bulannya mengadakan promo untuk produk tertentu. Berlangganan katalog Oriflame 49.900 untuk mengetahui produk apa saja yang sedang promo bulan ini. 

- Untuk Jenis Kulit Kombinasi: Love Nature Aloe Vera


Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Aloe Vera dalam kosmetik berfungsi menyeimbangkan kadar minyak pada jenis kulit kombinasi, serta menyeimbangkan kelembaban tanpa memicu sebum.

Love Nature Aloe Vera Cleansing Gel Hydrating Combination Skin: Rp. 59.900,- 150 ml
Membersihkan, mengangkat kotoran sambil tetap mempertahankan keseimbangan produksi minyak dan kelembaban pada kulit kombinasi.


Love Nature Aloe Vera Face Toner Hydrating Combination Skin: Rp. 59.900,- 150 ml
Menyegarkan dan mempersiapkan kulit kombinasi untuk dapat menerima pelembab.

Love Nature Aloe Vera Gel Cream Hydrating Combination Skin: Rp. 59.900,- 150 ml
Pelembab berbentuk "Gel Cream" yang mudah meresap dan tidak lengket. Menghidrasi kulit agar tetap terjaga keseimbangannya.

Itulah skincare jenis kulit kombinasi dari Oriflame yang kebetulan sedang promo bulan ini. Harga tersebut bisa kamu dapatkan sampai 31 Mei 2017. Ayo pesan sekarang sebelum promonya berakhir! Apalagi untuk produk-produk promo sering cepat habis di akhir bulan :)

- Untuk Jenis Kulit Kering: Love Nature Wild Rose


Wild Rose (Mawar Liar) adalah tanaman dari jenis Genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Wild Rose tumbuh di pegunungan dan dapat bertahan di udara dingin. Kemampuan WIld Rose dalam mempertahankan kelembaban dirinya dilihat dari kelopak bunga yang tetap segar walau udara dingin sekalipun, dijadikan ide bahan dasar untuk membuat produk perawatan kulit kering. 

Karena saya kebetulan berjenis kulit kering dan memakai Love Nature Wild Rose, saya akan berbagi sedikit ulasan. Untuk cream siang dan malam disediakan terpisah, karena pada cream malam dibuat lebih reseptik agar dapat memanfaatkan peyerapan besar-besaran yang dilakukan kulit pada malam hari. Masalah kulit yang saya alami adalah bercak-bercak putih, kulit terasa kasar. Namun sejak satu minggu penggunaan kulit bercak-bercak putih tersebut hilang, kulit menjadi lebih halus dan kenyal

Love Nature Wild Rose 2-in-1 Cleanser Nourishing Dry Skin: 150 ml Rp. 89.0000
Susu pembersih dan penyegar menjadi satu dalam produk ini. Dapat digunakan untuk menghapus make up atau menyegarkan kulit setelah mencuci wajah agar tetap lembab dan halus.

Love Nature Wild Rose Day Cream Nourishing Dry Skin: 50 ml Rp. 89.0000
Melembabkan di siang hari dan menghaluskan kulit kering agar terasa lebih lembut dan elastis.

Love Nature Wild Rose Night Cream Nourishing Dry Skin: 50 ml Rp. 89.0000
Menutrisi kulit di malam hari agar terserap maksimal.

3. Lakukan perawatan secara rutin.


Setelah menemukan produk yang tepat, lakukan perawatan secara rutin minimal dua kali sehari. Pagi hari sebelum beraktifitas dan malam hari sebelum tidur. Karena kalau kamu tidak menggunakan perawatan setiap hari, mau ngeluh produk tersebut tidak ada hasilnya pun akan percuma saja. 

Pagi hari kulit harus dibersihkan agar terasa lebih segar dan dapat menerima skincare. Selain itu, agar riasan lebih mudah menempel. Pada malam hari sebelum tidur, kulit juga harus dibersihkan dari kotoran dan sisa-sisa make up yang mungkin dapat menyumbat pori-pori jika dibiarkan terlalu lama.

Ingat, perawatan dasar dimaksudkan untuk mengembalikan kondisi kulit ke awal, jadi jangan terlalu berharap hasil cepat karena detoksifikasi itu butuh proses. Apalagi untuk kasus seperti Indah yang kulit wajahnya sudah terkena zat-zat keras, pasti dibutuhkan "pemurnian" yang tidak sebentar. Namun jika rutin dilakukan setiap hari maka tidak mungkin hasilnya bisa terlihat kurang dari sebulan. Jika kulit sudah cukup sehat kamu bisa mulai menggunakan pencerah atau mengkombinasi skincare dasar dengan skincare lanjutan


6 komentar

wahh terima kasih infonya cocok buat temen2 saya nih hehe

Sekarang memnag banyak beredar ya mas barang2 palsu..hhee

makanya jngan pernah memakai cream abal-abal, akibatnya bisa bukannya bagus malah tambah ancur wajahnya untung ada tiga cara memperbaikinya, coba kalau nggak ada, mau gimana, coba?

Iya maka dari itu kita harus lebih hati-hati

Nah itu dia mang lembu kadang saya suka prihatin banyak banget orang yang gampang percaya dengan janji-janji palsu, padahal kalau hasilnya terlalu cepat kan malah mencurigakan ya

Terimakasih sudah berkunjung :-)
Emoticon Emoticon